Pages

Komputer Khusus Tuna Netra Pertama (SIAFU)

Komputer khusus tuna netra pertama kali dikembangkan oleh Jonathan Lucas. Komputer ini dinamakan SIAFU yang berasal dari bahasa Afrika yang berarti semut buta. Komputer khusus tuna netra ini telah dilengkapi dengan beberapa modus sehingga penggunanya dapat memanfaatkan nya layaknya pemanfaatan komputer umumnya.


Cara kerja komputer khusus tuna netra (Siafu)

Komputer khusus tuna netra ini bekerja dengan memanfaatkan bahan khusus yang disebut magneclay pada permukaannya. Magneclay adalah bahan berdasar minyak dengan struktur molekul yang longgar, sehingga dapat berubah bentuk ketika dialiri listrik tanpa batasan waktu selama masih ada listrik yang mengaliri.

Komputer khusus tuna netra (Siafu) ini menggunakan papan ketik braille sembilan tuts dengan pembacaan braille serta menampilkan kata-kata dalam huruf braille. Karena menggunakan bahan magneclay, komputer khusus tuna netra ini dapat menampilkan bentuk-bentuk relief 3 dimensi.

Komputer khusus tuna netra ini juga dapat mensistesis semua tampilan teks ke dalam huruf braille sehingga pengguna bisa membaca apapun yang tampil di layar secara langsung. Selain itu, Siafu mampu mensintesis kata-kata di layar dan membacanya dengan keras.Dan jika pengguna memilih untuk tidak mengetik, mereka memiliki pilihan untuk berbicara ke dalam mikrofon komputer, di mana perangkat lunak pengenal suara menerjemahkan kata yang diucapkan mereka ke kata yang diketik.

Komputer khusus tuna netra ini merupakan sebuah terobosan besar yang sangat besar manfaatnya bagi kehidupan umat manusia.

Sumber: id.wikipedia.org

No comments:

Post a Comment