Pages

WinToFlash - Alternatif Install XP dengan USB-Flashdisk

Teknologi laptop yang telah banyak berkembang ke laptop mini, alias netbook, yang tidak dilengkapi dengan optical drive (CD/DVD rom) seringkali membuat penggunanya kesulitan terutama saat mengalami kerusakan pada sistem operasi. Sementara, untuk menambah dengan kelengkapan CD/DVD rom eksternal memerlukan biaya yang cukup lumayan mahal. Nah, bagaimana mengatasi masalah ini dengan tetap menjaga efisiensi keuangan kita?

USB-flashdisk bisa menjadi alternatif untuk menginstal Windows XP. Cukup dengan satu tools, WinToFlash. Software ini sangat membantu dan mudah untuk digunakan, bahkan bagi seorang yang masih awam. Cukup menjalankan dan tersedia pilihan untuk transfer Windows XP, Windows 2003, Windows Vista, Windows 2008, Windows 7.

Berikut cara kerjanya:
1. Hal yang perlu dipersiapkan:
  • CD master XP Bootable
  • PC/laptop lain (bisa pinjem/numpang tetangga... hehehe :D:D)
  • Download Tools WinToFlash
2. Extract WinToFlash, kemudian jalankan.
3. Pada Tab Task, tentukan pilihan Windows yang akan ditransfer.
Pilih Platform Windows Yang Akan Ditransfer
4. Kemudian tentukan Source disk label dimana tempat CD/DVD master Windows dan Destinations tempat dimana disk label flashdisk berada.
Pilih Source dan Destination CD dan USB
5. Setelah itu next/create dan proses copy berjalan, silahkan menunggu sampai selesai.
Proses Copy (Transfer File)
6. Dan sampai tahap ini, proses pembuatan USB flashdisk bootable selesai.

Berikutnya proses instalasi Windows pada Netbook. Pada bios, tentukan settingan boot sequence/first boot pada USB-flashdisk. Tinggal menjalankan seperti layaknya proses instal Windows dengan CD/DVD.

SELAMAT MENCOBA...!!!

No comments:

Post a Comment